Jelas Bikin Cerdas

DJP Bali Gelar Pelatihan Menulis, Jadikan Pegawai Bisa Menulis Seperti Wartawan

Oleh: Ari   |  

Balicitizen.net, Denpasar -  Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) Bali menggelar “Lokakarya Penulisan Berita”. Lokakarya  untuk meningkatkan kapasitas kontributor di lingkungan Kanwil DJP Bali dalam menulis press release (siaran pers) yang siap disalurkan ke media.  

“Tujuan diadakannya lokakarya penulisan berita ini tidak lain untuk memberikan ilmu dan sudut pandang lain dalam menulis sebuah berita, sehingga konten yang nantinya teman-teman hasilkan akan lebih kreatif dari sisi tema dan lebih berkualitas dari sisi berita,” sebut Kepala Bidang Penyuluhan dan Pelayanan (P2) Humas DJP Bali Ida Ernawati di Denpasar, Senin (21/6/2021).
 
Lokakarya ini sebagai jawaban atas kontribusi pengelolaan Situs Web Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id), selanjutnya disebut Situs Web DJP, yang merupakan situs web milik Direktorat Jenderal Pajak dengan alamat www.pajak.go.id Jenderal Pajak sebagai representasi DJP.  Dimana dari tahun ke tahun, jumlah konten yang dihasilkan oleh Kanwil DJP Bali terus mengalami peningkatan yang cukup.
 
Sedangkan yang disebut  kontributor, menurutnya, adalah pegawai di lingkungan internal Direktorat Jenderal Pajak yang berkontribusi dalam pembuatan konten untuk Web DJP. Untuk lingkungan Kanwil DJP Bali sendiri telah ditetapkan masing-masing unit kerja untuk menunjuk 4 pegawai di setiap KPP dan 2 pegawai di setiap KP2  yang berkontribusi sebagai situs kontributor. Namun, tidak menutup kesempatan bagi pegawai lain yang tidak ditunjuk untuk berkontribusi dalam menyumbangkan konten di situs pajak.
 
“Peran para kontributor situs maupun pengelola media sosial sangat penting, sebagai ujung tombak utama DJP dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya, seraya menjelaskan, untuk itu pihaknya menghadirkan narasumber Ketua Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra dan rekan, untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam membuat konten berita yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
 
Diikuti sekitar 70 peserta, lokakarya kali ini menghadirkan 3 narasumber. Selain Dwikora Putra, ada Arya Mebinda dari DJP Bali, dan Arief Wibisono, Seksi Wartawan Media Siber PWI Bali. Sedangkan materi yang disampaikan dalam lokakarya ini antara lain, cara membuat berita yang menarik oleh media dan karakteristik siaran pers yang bagus dan menarik oleh media, serta beberapa materi lainnya. Acara ini dipandu Iva Rivada dari DJP Bali.
 
“Untuk membuat press release yang menarik oleh media diperlukan tips-tips tertentu,” sebut Dwikora Putra yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali.
 
Diuraikan, dalam membuat press release hendaknya humas juga memperhatikan kaidah press release yang merujuk pada kaidah-kaidah jurnalistik yaitu, 5W + 1H.
 
“Agar tulisan menarik, menulislah layaknya wartawan, buat tulisan berita langsung (straight news) dengan struktur piramida terbalik,” katanya mengingatkan.
 
Disebutkan juga, humas sebagai garda terdepan dari lembaga/instansi/organisasi, juga sebagai corong dalam penyebaran informasi, lantaran itulah ia berharap lokakarya ini bisa bermanfaat bagi para kontributor di lingkungan DJP Bali.  ***

Berita Terkait

balicitizen.net tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE