Jelas Bikin Cerdas

Belum Sepekan Dibuka, Wisatawan ke Bali Meningkat

Oleh: Ari  | 

Balicitizen.net, Denpasar - Pariwisata Bali untuk pasar domestik dibuka pada tanggal 31 Juli 2020 lalu. Belum sepekan dibuka, sudah ada peningkatan wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menerangkan peningkatan terlihat dari lalu lintas di Bandara I Gusti Ngurah Rau. Sebelum 31 Juli lalu, kedatangan wisatawan domestik di Bali, perhari hanya 800 orang. Namun, terus meningkat menjadi 1.700 orang perhari dan pasca dibukanya pariwisata domestik kunjungan wisatawan kini sekitar 2.400 dan 2.500 orang perhari.

"Kalau, jumlah yang datang dari keberangkatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai meningkat. Yang, tadinya sebelum 10 Juli hanya 800 Kemudian meningkat lagi 1.700 perhari sekarang sudah 2.500 di Bandara," kata Astawa, Rabu (5/8).

Astawa menuturkan pihaknya belum mentargetkan berapa jumlah wisatawan domestik yang akan berkunjung ke Bali. Saat ini pihaknya fokus membangun kepercayaan para wisatawan dulu agar nyaman dan aman ke Bali.

"Bagaimana, wisatawan itu percaya bahwa dia ke Bali aman. Kita, maklum juga situasi Covid-19 ini, ekonomi mereka juga terganggu. Kalau orang yang berwisata paling orang yang memiliki tabungan atau sudah punya uang sebelumnya," jelasnya.

Ia memprediksi, kunjungan wisatawan akan meningkat pada libur Natal dan Tahun Baru. Namun, ia berharap warga dan wisatawan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada lonjakan transmisi lokal Covid-19 di Bali.

"Kedepannya yang besar di Natal dan Tahun Baru. Saya, yakin pasti ada lonjakan, yang penting kepercayaan wisatawan itu dulu yang kita pelihara. Dan, menjaga protokol kesehatan ini agar jangan ada lonjakan-lonjakan transmisi baru lagi. Itu yang kita harapkan," katanya.

Berita Terkait

balicitizen.net tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE