Jelas Bikin Cerdas

Peringati Hari Adyaksa di TMP, Jajaran Kejati Tetap Khusuk Meski di Bawah Guyuran Hujan

Oleh: Ari  |    

Balicitizen.net, Tabanan - Selasa (21/7) hari ini menjadi puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-60. Sebagai pamungkas rangksian kegiatan Adhyaksa selalu diisi dengan kegiatan rutin yakni ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP). Kali ini seluruh jajaran kejaksaan di Bali tetap terlihat khusyuk memberikan penghormatan kepada pahlawan meski di bawah guyuran hujan.

Rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 dilakukan dengan ziarah ke TMP oleh seluruh satuan kerja pada Kejaksaan Republik Indonesia. Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Erbagtyo Rohan, meminta seluruh jajaran kejaksaan untuk meneladani para pahlawan yang telah mendahului.

"Semangat juang para pahlawan bangsa yang tanpa mengenal lelah dan pantang menyerah patut diteladani oleh insan adhyaksa," katanya Selasa (21/7).

Terlebih kata dia semangat itu harus diterapkan dalam rangka membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

 Ziarah pada TMP Pancaka Tirta dimulai dari pagi hari pukul 07.00 WITA. Kendati diguyur hujan di daerah TMP Pancaka Tirta, peserta yang hadir tetap melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah yang diikuti tabur bunga oleh seluruh peserta yang hadir di TMP Pancaka Tirta.

Tidak luput doa dari peserta yang hadir juga ditujukan kepada para pahlawan, sehingga kegiatan berjalan khidmat dan lancar.
Agenda rutin yang dilakukan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 ini mengandung makna yang dalam. Kegiatan ini bertujuan untuk tetap mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

"Selain wujud penghormatan kepada para pahlawan, kegiatan ini merupakan sarana untuk mempererat persatuan sesama generasi penerus bangsa. Kegiatan ini juga bukan sebatas seremonial belaka, melainkan sebagai bentuk darma bakti dan kebesaran Korps Adhyaksa khususnya kepada para pendahulunya," kata Hari Wibowo selaku Kepala Kejaksaan Negeri Badung.

Kata dia bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, maka diharapkan dari kegiatan ini, generasi penerus bangsa yang tergabung dalam Korps Adhyaksa dapat meneladani semangat juang para pahlawan dan selalu berkarya yang terbaik.
Meskipun kegiatan ziarah dilakukan pada masa Pandemi Covid-19, para peserta tetap mengindahkan protokol kesehatan dalam tatanan New Normal. Peserta yang hadir tetap menggunakan masker dan menjaga jarak aman dengan melakukan physical distancing.

Berita Terkait

balicitizen.net tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE