Jelas Bikin Cerdas

MPR RI Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19 Bersama PWI Bali

Oleh: Ari   |   

Balicitizen.net, Denpasar - MPR RI terus menggelorakan empat pilar kebangsaan dengan memanfaatkan segala sektor, termasuk bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali.
 Lantaran itulah  Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Basarah, M.H., siap hadir secara virtual sekaligus membuka  Webinar Nasional bertajuk “Peran Wartawan Menggelorakan Empat Pilar Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19", Jumat (27/8) bertempat di Gedung PWI Provinsi Bali Komplek Niti Praja, Lumintang , Denpasar, Bali.

“Momen ini terasa pas berkaitan dengan Bulan Kemerdekaan dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 di tengah pandemi Covid-19,” sebut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali di Denpasar, Selasa (24/8).

Dwikora yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali mengatakan, sudah menjadi kewajiban dan tanggung hawab pers nengambil peran turut menggelorakan empat pilar kebangsaan. Lebih-lebih di era kekinian dengan munculnya media baru berbasis internet yang bernama media sosial yang mewarnai dunia informasi. " Media arus utama tetap harus hadir sebagai penyalur informasi yang benar. Dengan menjalankan kaidah jurnalistik yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, media arus utama mempunyai nilai lebih dibanding media sosial,” ujarnya.
 
Dijelaskan, empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan warisan para pendiri bangsa yang luar biasa nilai filosofinya. Tidak lekang ditelan zaman dan tidak musnah oleh waktu. Apabila empat pilar kebangsaan dioperasionalkan serta dijalankan secara sungguh-sungguh dengan semangat seperti yang dimiliki para pendiri bangsa, niscaya tidak ada masalah negara yang tidak bisa dipecahkan atau diatasi, termasuk mengatasi pandemi Covid -19 yang kini masih melanda NKRI.
 
Webinar Nasional kerja sama MPR RI bersama PWI Provinsi Bali rencananya akan dipandu oleh Budiharjo (Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Bali) dengan menghadirkan tiga narasumber yakni I Gusti Agung Rai Wirajaya (Anggota Komisi XI DPR RI), Dr. Nyoman Subanda (Pengamat Politik Undiknas Denpasar) dan IGMB Dwikora Putra (Ketua PWI Bali). Webinar yang digelar secara daring dan luring ini akan mengundang 200 peserta dari kalangan wartawan dan mahasiswa/pers kampus.  ***

Berita Terkait

balicitizen.net tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE