Jelas Bikin Cerdas

Garda Pemuda NasDem Provinsi Bali Dirikan PSP Berdema, Ini Tujuannya

Oleh: Ari   |  

Balicitizen.net, Denpasar - Garda Pemuda NasDem Provinsi Bali melaksanakan kegiatan pengukuhan SatGas Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP BERDERMA) pada Selasa 2 Agustus 2021.

Ketua Garda Pemuda NasDem Bali I Kadek Sujanayasa, meberi kepercayaan kepada dr. Dewa Gede Palguna selaku Ketua Satgas.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan upaya Partai NasDem untuk mendukung dan membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia.

Sementara itu, Palguna mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini kebutuhan masyarakat akan darah semakin meningkat.

Terutama untuk pasien-pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Kegiatan donor plasma ini akan membantu menangani masyarakat yang berada pada stadium sedang atau bera," kata dr. Dewa.

Kegiatan donor plasma konvalesen ini nantinya akan diadakan di UTD PMI Provinsi Bali, Rumah Sakit Sanglah Denpasar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Bagi para pendonor plasma akan melaui dua tahap. Tahap yang pertama yaitu tahap screening untuk mengetahui kondisi kesehatan pendonor. Jika lolos dalam tahap screening, selanjutnya akan dilakukan pengambilan plasma pada tahap kedua.

Untuk diketahui, plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan diproses untuk kemudian diberikan kepada pasien penderita Covid-19.

Ia mengungkapkan donor plasma konvalesen ini sangat berguna untuk membantu pasien atau penderita lain yang belum sembuh dari Covid-19.

Dewa yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPW Partai NasDem Provinsi Bali mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya penyintas Covid-19 untuk beramai – ramai peduli dengan sesama.

“Dengan adanya kegiatan donor plasma ini, kami mengajak seluruh masyarakat khususnya para penyintas Covid-19 untuk saling peduli dengan sesama. Kami juga akan terus mengedukasi, mengajak, dan memberikan pendampingan kepada masyarakat sehingga masyarakat menjadi paham akan manfaat dari donor plasma ini.” lanjut dr. Dewa.

Partai NasDem Provinsi Bali juga akan mengapresiasi para pendonor dengan pemberian sertifikat khusus, paket sembako dan ikut serta dalam pengundian door prize yang akan dilakukan pada tanggal (18/8/2021), nanti.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan donor plasma ini, kedepannya dapat membantu pemerintah dalam memenuhi stok kebutuhan plasma konvalesen serta kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan kita kepada masyarakat yang tengah berjuang melawan Covid-19.” tutup dr. Dewa.

 

Berita Terkait

balicitizen.net tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE